18
Nov
08

Freeware Review: MPlayer for Windows

Kita sudah lama mengenal freeware (dan opensource) pemutar video untuk platform windows seperti Media Player Classic, VLC Media Player, dan bahkan KMPlayer. Tapi pernahkah anda mencoba paket MPLayer for Windows ?

Mplayer merupakan engine pemutar video yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna linux, yang mendukung 192 video codec dan 85 audio codec. Ditambah lagi dengan paket codec binary yang menambah lebih banyak lagi dukungan untuk memutar codec-codec lainnya. Semua itu dikemas dalam 1 paket yang menjadikannya sebagai All-in-one Video Player.

Pada kebanyakan kasus, sistem windows yang di instal codec tambahan seringkali menyebabkan crash pada sistem saat sistem mencoba menggunakan codec yang terinstall untuk mendapatkan detail dari file video yang ada pada komputer kita seperti dimensi, durasi, dan thumbnailnya. Karena semua codec yang terinstal bersama paket MPLayer for Windows adalah internal codec terhadap mplayernya sendiri, maka hal ini tidak akan mengganggu kinerja sistem.

Paket ini sendiri memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan sistem komputer kita terutama processor dan graphic library yang terinstal di sistem. Jadi, pada saat playback nantinya, mplayer akan berjalan sesuai dengan kemampuan optimum sistem anda.

Paket ini menyertakan 2 GUI untuk front-end mplayer-nya, yaitu MPUI dan SMPlayer (default) yang berjalan menggunakan engine mplayer. tampilan SMPlayer tidak jauh berbeda dengan Media Player Classic dan menunya hampir sama dengan VLC Media Player. Yang menjadi nilai tambah adalah dukungan pemrosesan suara yang jernih di tambah internal equalizer. SMPlayer juga menyediakan playlist, sehingga kita tidak akan kesulitan membuka banyak file untuk diputar berurut / random.

 

 

SMPLayer

SMPLayer

 

 

MPlayer for windows dapat diunduh dari situs milik Lord Mulder ( http://mulder.dummwiedeutsch.de/home/?page=projects#mplayer ). Pada saat running untuk pertama kalinya SMPlayer akan mencoba memutar sebuah file streaming via web. Anda bisa stop pemutaran ini dan mulailah memutar video kegemaran anda. Jangan panik bila pada saat playback video yang pertama kali SMPlayer anda terlihat seperti hang, karena setelah itu SMPlayer dan dikemudian SMPlayer akan memutar video dan musik kegemaran anda dengan kemampuan optimum sistem anda.

Advertisements

1 Response to “Freeware Review: MPlayer for Windows”


  1. November 19, 2008 at 6:40 am

    pit..
    kirimin ke imel gw dunx 😛
    malay gw donlotnya 😛
    he..46x


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Moar

Add to Technorati Favorites

RSS Scattered Brain Tumblrblog

GSE Rating

Partner

my Twitter

Blog Stats

  • 132,827 hits
November 2008
M T W T F S S
    Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

%d bloggers like this: